Selasa, 04 Desember 2012

APLIKASI MATERIAL TEKNIK

MATERIAL PABRIKASI BERBAHAN LOGAM DAN PADUANNYA


Material teknik dapat dikategorikan menjadi logam dan non logam. Dalam dunia teknik mesin, logam (terutama logam besi atau baja) merupakan material yang paling banyak dipakai, tetapi material-material lain juga tidak dapat diabaikan. Material non logam sering digunakan karena meterial tersebut mempunyai sifat yang khas yang tidak dimiliki oleh material logam. Material-material dalam kelompok logam disusun oleh satu atau lebih unsur logam (misalnya besi, alumunium, tembaga, titanium, emas, dan nikel), dan juga seringkali mengandung unsur non logam (misalnya karbon, nitrogen dan oksigen) dalam jumlah yang relatif kecil. Logam merupakan material yang sering dipakai dalam berbagai aplikasi bidang. Dalam pengembangan menuju industrial estate, penggunaan logam sangat diperlukan. Misalnya dalam bidang kelautan, penggunaan logam sangat diperlukan untuk pembuatan kapal, bangunan lepas pantai, maupun pada pintu bendungan.

Kata kunci: Material teknik, logam, logam murni, logam paduan
Berbagai jenis bahan telah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam industri. Penggunaannya pun sangat bergantung pada sifat-sifat dari bahan tersebut. Didalam industri manufaktur tidak akan lepas dari dengan satu bidang ilmu teknik yang berhubungan dengan material. Secara umum meterial teknik diklasifikasikan menjadi 2 (dua) golongan yakni logam (metal) dan non logam (non metal). Jika ditinjau dari sudut pandang susunan unsur dasar, logam (metal) dibagi menjadi 2 (dua), yaitu logam murni dan logam alloy (logam paduan). Sedangkan non logam dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu keramik, komposit, dan polimer.

Tiga Bahan Material Dasar
Logam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas, serta mempunyai titik cair tinggi. Logam juga merupakan bahan yang dapat ditempa, mengkilat, magnetis, dan dapat dicampur secara homogen dalam berbagai kadar.
Logam dibagi menjadi dua yaitu logam murni yang hanya terdiri dari satu jenis atom, seperti besi (Fe) murni, 










 




tembaga (Cu) murni dan  logam paduan (metal alloy) yang terdiri dari dua atau lebih jenis atom dan merupakan campuran dari dua macam logam atau lebih yang dicampur satu sama lain dalam keadaan cair.
Logam murni adalah suatu logam yang memiliki sifat-sifat:
  • kadar kemurnian 99,9%
  • kekuatan tarik rendah
  • titik lebur tinggi
  • daya hantar listrik baik
  • daya tahan terhadap karat baik


> Konfigurasi elektron
> Perubahan Materi
> Setruktur Atom
> Struktur Molekul dan teori
> Struktur Molekul

1 komentar:

  1. matrial tembaga atau kuningan apa yg aplikasinya digunakan untuk suhu diatas 1000derajat celsius..... mohon informasinya...

    terimakasih
    ipoenk_nagano@yahoo.co.id

    BalasHapus